2/20/2013

PENGERTIAN : Asosiatif dan Disosiatif

PENGERTIAN HUBUNGAN SOSIAL

Hubungan sosial adalah hubungan antar manusia yang terikat dalam suatu wadah yang disebut masyarakat.
Masyarakat selalu mengalami perubahan dan perkembangan hal ini terjadi karena para warganya mengadakan hubungan satu dengan lainya baik dalam bentuk perorangan maupun kelompok sosial. Sebelum hubungan-hubungan tersebut mempunyai bentuk yang kongrit, terlebih dahulu akan dialami suatu proses kearah bentuk kongrit yang sesuai dengan nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat .

Hubungan sosial dapat dibedakan menjadi 2 , yaitu proses yang asosiatif dan disosiatif . Hubungan sosial asosiatif merupakan hubungan yang bersifat positif artinya hubungan ini dapat mempererat atau memperkuat jalinan atau solidaritas kelompok. Adapun hubungan sosial disosiatif merupakan hubungan yang bersifat negatif , artinya hubungan ini dapat merenggangkan atau menggoyahkan jalinan atau solidaritas kelompok yang telah terbangun.

Menurut Soejono Soekanto, dalam hubungan antara manusia satu dengan manusia lainnya, yang paling penting adalah reaksi uang timbul sebagai akibat hubungan sosial. Reaksi tersebutlah yang menyebabkan tindakan seseorang menjadi bertambah luas. Dalam memberikan reaksi tersebut ada kecenderuang manusia untuk memberikan eserasian dengan tindakan-tindakan orang lain. Hal ini terjadi karena sejak manusia dilahirkan sudah mempunyai 2 hasrat utama, yaitu:

1.Hasrat untuk menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya
2.Hasrat untuk menjadi satu dengan suasana alam sekitar.

Ada 2 jenis hubungan sosial yang terjadi di masyarakat, yaitu

1. Hubungan individu dengan kelompok dalam masyarakat
Hubungan individu dengan masyarakat pada hakekatnya merupakan hubungan fungsional, artinya hubungan antar individu dalam suatu kolekyiva merupakan kesatuan yang terbuka dan keterguntungan antara satu dengan lainnya. Alasan utama terjadinya kondisi ini adalah bahwa individu dalam hidupnya senantiasa menghubungkan dan kepuasaannya pada orang lain.


2. Hubungan antar kelompok dalam masyarakat ( intergroup relations)
yaitu hubungan antar dua kelompok atau lebih yang mempunyai ciri


1 comment: